Senin, 09 Juli 2012

Berta kegiatan badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Agama Islam


Seminar Regional Badan Eksekutif Mahasiswa FAI UMM.

Transparansi dan Akuntabilitas 
Kunci Sukses Pengelolaan Keuangan Sekolah







Doc. BEM FAI
    Sabtu (12/05/2012), sebanyak 100 orang Guru Sekolah dan Mahasiswa  Se-Malang Raya mengikuti Seminar Regional manajemen keuangan sekolah, yang diadakan Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Agama Islam (BEM) FAI UMM. Dengan tema ”Mewujudkan sekolah yang tertib, transparan, dan mandiri dalam finansial,” Menghadirkan dua pembicra ahli manajemen yaitu, Drs, H.Abdul Kadir Usri, AK. MM dan Drs. Wiyono, MM. Bertempat di Aula Teknik  GKB III  UMM.
    Dalam materinya Abdul Kadir Usri memaparkan, ada enam ciri pengelolaan keuangan sekolah yang baik yaitu Transparansi,Partisipasi,Akuntabilitas,Sustainnable, Equitas, dan kejujuran, enam ciri inilah yang juga diterapkan dalam pengelolaan sekolah Muhammadiyah. Sehingga “Transparansi dan akuntabilitas inilah kunci sukses pengelolaan keungan sekolah,” ungkapnya.
  Lebih lanjut Kadir menambahkan, dalam mengelolah keuangan sekolah diperlukan Rancangan Keuangan Anggaran Sekolah (RKAS), guna mengatur pembelanjaan operasional sekolah, sejak awal. Sehingga rancangan ini menjadi pedoman pengaturan anggaran  sekolah dalam melaksanakan program kerja. “RKAS langkah awal untuk mengatur manajemen keungan sekolah yang ideal, tambah Kadir yang juga menjabat sebagai pimpinan daerah Muhammadiyah  kota Malang itu.
   Dalam kesempatan yang sama, Wiyono selaku pemateri kedua memaparkan, ciri sekolah yang ideal adanya sistim manajemen keuangan yang baik, serta adanya alternatif keuangan untuk menanggulangi devisit, untuk mewujudkan hal itu, diperlukan adanya  “Unit bisnis yang di kelolah lansung lembaga sekolah,” jelasnya.
  Selanjutnya, Wiyono menambahkan, kunci sukses membentuk sistem manajemen keuangan  sekolah yang baik, dapat di lakukan dengan cara “Membangun citra diri dan transparansi lembaga pengelolah keuangan sekolah sehingga menghasilkan laporan keuangan yang akuntable,” ujar dosen jurusan majemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Umm itu.
   Dalam sambutannya M. Syarif, selaku Pembantu Dekan III FAI, mengatakan pengetahuan sistim pengelolaan keuangan sekolah ini sangatlah penting terutama bagi para guru dan pengelolah keuangan sekolah, “Diharapkan dengan adanya seminar ini, para peserta dapat memperoleh pengetahuan manajemen mengelolaan keuangan sekolah,” ungkapnya mengakhiri..(Penulis Reporter BEM Muhammad Hadidi)






Tidak ada komentar:

Posting Komentar