Rabu, 11 Juli 2012

BERITA KEGIATAN BEM 2012


LKMMTD Syarat Masuk Lembaga Intra FAI


 
   Badan Ekseklutif Mahasiswa Fakultas Agama Islam FAI UMM. Sabtu (1-3/06) menggelar Latihan Kepemimpinan Manajerial Mahasiswa Tingkat Dasar (LKMMTD) dengan tema“ Menumbuhkan Jiwa Kepemimpinan yang Progresif dan Cakap Administrasi” diikuti  sebanyak 59 orang mahasiswa  FAI bertempat di Balai Pembenihan Ikan Bumi Aji Kota Batu.
   Abd.Musawir ketua pelaksana LKMMTD mengatakan, LKMMTD diadakan untuk membekali mahasiswa FAI tentang kepemimpinan dan Administrasi  bagi mahasiswa yang ingin menjadi pengurus lembaga intra di FAI ” LKMMTD salah satu syarat wajib untuk masuk pengurus lembaga intra FAI”, Ungkapnya.
  Lebih lanjut Musawir menambahkan, Materi LKMMTD yang diberikan kepada peserta meliputi, Kepemimpinan, Publik Relation, Administrasi, Problematika Organisasi, dan Analisis SWOT, di mana setiap peserta di tuntut untuk menguasai kemampuan tersebut, sebelum mereka nantinya menjadi pengurus lembaga intra di FAI baik itu di  SEFA, BEMFA, HMJ, Maupun LSO. 

     Sehingga mereka sudah mempunyai bekal dalam memimpin“ Setiap pengeurus lembaga intra wajib mengetahui Administrasi dan kepemimpinan”,  Tambah Kabid. Penalaran Bem FAI  itu.
    Nuruddin Musyafa’ selaku pemateri Administrasi mengatakan, Dalam berorganisasi Administrasi merupakan kegiatan pelayanan perkantoran seperti, surat menyurat, proposal kegiatan, laporan keuangan, maupun kegiatan kantor lainya, sehingga setiap organisasi diharuskan untuk mengetahui bagaimana memanajemen Administrasi yang baik, sehingga organisasi tersebut mempunyai sistem Administrasi yang bagus, “Perilaku organisasimu dapat menunjukkan keperibadianmu”Ungkap Dosen FAI itu.
  Lebih lanjut Nuruddin menambahkan, Setiap lembaga mempunyai aturan tersendiri mengenai sistem administrasi yang di pakai, serta tidak ada aturan baku yang di sepakati secara umum, hal ini tergantung dari kebijakkan lembaga.

   Namun di UMM sendiri telah di atur oleh Universitas mengenai administrasi kemahasiswaan, serta di lembaga intra fakultas juga mempunyai ketentuan Administrasi sendiri, hal inilah yang perlu di sosialisasikan, terutama bagi calon pengurus lembaga intra ke kedepan.“Harapanya lewat pelatihan ini peserta mengetahui sistem administrasi dilembaga intra khususnya di FAI”tambah mantan Sekretaris Badan Eksekutif Mahasiswa UMM periode 2008-2009 itu. 
   Dalam sambutanya M.Syarif PD III FAI UMM mengatakan, LKMMTD  di FAI merupakan kebijakkan dari PD III FAI Priode Sebelumnya yang sudah berjalan beberapa tahun, guna mempersiapkan pengurus lembaga intra yang cakap dalam administrasi serta amanah dalam memimpin, terutama dalam mengurus lembaga intra di FAI, harapanya dengan pelatihan ini, “Mahasiswa FAI menjadi figur lembaga Intra fakultas lain”, serta mahasiswa FAI menjadi aktivis yang menguasai teori kepemimpinan dan dapat mengaplikasikannya dalam berorganisasi sehingga menjadi pengurus lembaga intra yang benar-benar siap  menjadi pemimpin.( penulis Reporter  Muhammad Hadidi)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar